Jenis-Jenis Mesin Bor Dan Cara Perawatannya

Jenis-Jenis Mesin Bor Dan Cara Perawatannya - Sudah lama sekali  lingkaran mesin sudah tidak posting lagi.hari saya akan memulai kembali untuk posting mengenai tentang informasi dunai mesin dan informasi dunia otomotif.
Pada kali saya akan membahas tentang mesin Bor dan cara perawatan mata Bor.Mesin bor adalah suatu jenis mesin gerakanya memutarkan alat pemotong yang arah pemakanan mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan).

Mesin Bor adalah alat yang sangat banyak di gunakan untuk melakukan kegiatan seperti pekerjaan bor bangju,pekerja bor alat-alat untuk pembubutan.

Menggunakan mata bor, baik saat mengebor di mesin bor bangku, mengebor di mesin bubut atau bahkan di bor radial sekalipun perlu memperhatikan hal-hal prinsip yang sering kita anggap hanya teori belaka sampai kita tahu bahwa itu adalah tips yang sangat berguna memperlancar pekerjaan kita. 


Jenis-jenis mesin bor sangatlah banyak dan untuk apa saja penggunaanya berikut penjelasannya:

Mesin bor Radial
Mesin bor radial khusus dirancang untuk pengeboran benda-benda kerja yang besar dan berat. Mesin ini langsung dipasang pada lantai, sedangkan meja mesin telah terpasang secara permanen pada landasan atau alas mesin.

Mesin bor koordinat
Mesin bor koordinat pada dasarnya sama prinsipnya dengan mesin bor yang lainnya. Perbedaannya terdapat pada sistem pengaturan posisi pengeboran. Mesin bor koordinat digunakan untuk membuat/membesarkan lubang dengan jarak titik pusat dan diameter lobang antara masing-masingnya memiliki ukuran dan ketelitian yang tinggi.

Mesin bor berporos (mesin bor gang)
Mesin bor ini mempunyai lebih dari satu spindel, biasanya sebuah meja dengan empat spindel. Mesin ini digunakan untuk melakukan beberapa operasi sekaligus, sehingga lebih cepat.untuk produksi masal terdapat 20 atau lebih spindel dengan sebuah kepala penggerak.

Mesin bor tangan (pistol) 
Mesin bor tangan adalah mesin bor yang pengoperasiannya dengan menggunakan tangan dan bentuknya mirip pistol. Mesin bor tangan biasanya digunakan untuk melubangi kayu, tembokmaupun pelat logam. Khusus Mesin bor ini selain digunakan untuk membuat lubang juga bisa digunakan untuk mengencangkan baut maupun melepas baut karena dilengkapi 2 putaran yaitu kanan dan kiri. 

Perawatan mata bor sangat di perlukan untuk mata bor agar tetap awet dan tetap optimal,bagaiama cara perawatannya kami akan memberikannya untuk anda:

Cara Perawatannya
 
Pendinginan 
Pendinginan pada mata bor tidak bisa disepelekan karena akan membuat umur mata bor tidak tahan lama, untuk pekerjaan yang cukup banyak mata bor juga memerlukan proses pendinginan. Setiap material memiliki jenis pendinginan yang berbeda.

Putaran Mesin (RPM) 
Semakin besar diameter mata bor yang Anda gunakan maka semakin lambat putaran yang ada, semakin kecil mata bor akan semakin membuat putaran bor semakin cepat.

Pengasahan (penggerindaan) 
Membentuk sisi potong yang kurang baik akan menimbulkan kerusakan yang ditimbulkan seperti merasa cepat tumpul, terasa bahannya keras, lubang yang tidak bagus, cepat panas dan lain-lain. Periksa kembali apakah hasil asahan anda sudah tepat agar dapat membuat mata bor Anda menjadi lebih tahan lama.

Dengan kita menggunakan mesin bor dengan mengikuti prosuder yang di anjurkan,maka kita akan mengurangi dampak kerusakan yang cepat.terima kasih sudah membaca Jenis-Jenis Mesin Bor Dan Cara Perawatannya.