Tekonologi Permesinan VVT-i

VVT-i (sering disalah artikan dengan injeksi) bisa diterjemahkan dalam kalimat awam pengaturan pintar waktu buka tutup valve yang variatif. VVT-i diperkenalkan pada tahun 1996.Teknologi sebuah mesin  VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) adalah suatu mesinyang memiliki teknologi variable valve timing yang telah dikembangkan oleh Toyota. Mesin VVT-i menggantikan teknologi dari mesin VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan pada tahun 1991 di mesin Toyota 4A-GE 5 silinder. 

Tekonologi Permesinan VVT-i

Mekanisme kerja
Cara kerjanya cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur air. Agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi.
Pemeliharaan
Adopsi teknologi VVT-i ke mesin mobil juga memberikan kelebihan minimnya biaya pemeliharaan yang harus ditanggung. Sebab tune-up seperti setel klep dan lain sebagainya tidak diperlukan lagi.teknologi tidak asal bengkel,harus ke bengkel resmi karena harus menggunakan alat khusus untuk pemeliharaan atau service pada mesin mobil yang meggunakan teknologi VVt-i tersebut.
sistem VVT-i ini akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara yang disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung demi menghasilkan torsi optimal di setiap putaran dan Teknologi VVT-i merupakan terknologi yang mengatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar (inteks) secara elektronik baik dalam hal waktu maupun ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dan mesin VVT-i ini mengoptimalkan momen atau torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi pengemudian yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan mengurangi (menurunkan) tingkat emisi gas bahan bakar serendah mungkin.